0 2 min 5 bulan

TANGERANG, beritahariini.id – Pemerintah Kota Tangerang (Pemkot) Tangerang, Banten bersiaga mengantisipasi penyebaran kasus cacar monyet atau monkeypox. DKI Jakarta sudah terkena kasus cacar monyet dan telah menyebar luas, sebanyak 17 warga dinyatakan positif Mpox beberapa waktu terakhir, Senin (30/10/2023).

Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Herman Suwarman menyebutkan pihaknya masif melakukan sosialisasi dan edukasi tentang bahaya penyakit Mpox, melalui Puskesmas dan Rumah Sakit yang tersebar di Kota Tangerang.

“Upaya tersebut dilakukan oleh Pemkot Tangerang untuk meminimalisir penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus Mpox (cacar monyet). Tujuannya agar masyarakat juga bisa tahu dan akhirnya waspada dari penularan penyakit tersebut,” ucapnya.

Herman menjelaskan, Dinas Kesehatan Kota Tangerang juga sudah menyiapkan vaksin sebagai langkah antisipatif bagi kelompok rentan yang mengalami kontak erat dengan pengidap cacar monyet, atau orang dengan human immunodeficiency virus (HIV).

“Vaksinnya sudah tersedia namun dengan jumlah terbatas, dan itu diprioritaskan untuk yang kontak erat, setidaknya kita sudah mengambil langkah-langkah untuk antisipasi sesuai kebutuhan kesehatan lainnya,” jelasnya.

Herman menambahkan, Kota Tangerang dipastikan belum ada atau nihil warga yang terdeteksi positif monkeypox atau cacar monyet. Masyarakat pun diimbau agar menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta menghindari perilaku seks berisiko. (Alda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *