0 2 min 7 bulan

TANGERANG, beritahairiini.id – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing di Kecamatan Neglasari, kebakaran pada Jumat 20 Oktober 2023. Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta M Holik Muwardi mengatakan jika peristiwa di TPA Rawa Kucing tidak mengganggu aktivitas Bandara Soekarno Hatta. “Sampai saat ini aktifitas penerbangan masih aman, dipastikan tidak terganggu,” tegasnya.
Salah satu pemulung di Rawa Kucing, Aji, mengatakan jika kebakaran tersebut terjadi saat dirinya hendak beristirahat, Lalu api tersebut semakin membesar lantaran angin saat itu berhembus kencang sehingga merembet ke hampir seluruh area TPA Rawa Kucing.
“Mungkin karena musim panas ini, sampahnya jadi kering dan karena angin saat itu juga kencang sehingga merembet kemana-mana” ucapnya. Menurut Aji, penyebab terjadinya kebakaran hebat tersebut diduga terpicu oleh benda seukuran jari, yakni puntung rokok.
Asap tersebut dapat terlihat hingga radius puluhan kilometer, termasuk dari Bandara Internasional Soekarno Hatta. Peristiwa ini terjadi pada pukul 13.45 WIB, hingga berita ini diturunkan masih dalam penanganan petugas pemadam kebakaran atau Damkar.
Kepala BPBD Kota Tangerang, Maryono mengatakan untuk memadamkannya, ada 105 petugas Damkar yang diterjunkan, dengan pengoperasian 34 unit mobil Damkar. “Tempat yang terdampak di 1 line, dari pintu 1,2 dan 3,” ujar Kepala BPBD Kota Tangerang, Maryono.
Dikatakannya, Masing-masing berasal dari kantor pusat BPBD Kota Tangerang, UPT Batuceper, UPT Periuk, UPT Cibodas, Pos Benda, Pos Keroncong, Pos Pinang & 10 Unit Tangki Pertamanan. “Sejak pukul 15.15 Wib, di pintu 1 dan 2 sudah bisa ditangani, lalu di pintu 3 masih dilakukan pemadaman, pemutusan jalur kebakaran. Petugas Damkar masih berada di lokasi kejadian,” ungkap Maryono.
Tantangannya yakni, angin yang masih bertiup kencang di lokasi kejadian. Sehingga membuat petugas lebih berusaha lagi untuk memadamkan api.
Akibat kebakaran tersebut, kata Aji, satu buah alat berat jenis ekskavator ludes terbakar. “Ada 1 alat berat jenis beko yang hangus terbakar,” tandasnya.
Sampai berita ini ditulis tim gabungan personel damkar masih berjibaku untuk memadamkan api di TPA Rawa Kucing.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *