0 5 min 8 bulan

TANGERANG, beritahariini.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mengapresiasi kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan mahasiswa Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf (Unis) Tangerang di Kecamatan Cipondoh. Mereka akan melakukan pendampingan dan sosialisasi penggunaan aplikasi Tangerang Live kepada masyarakat di 10 kelurahan yang berada di Kecamatan Cipondoh selama dua pekan, mulai Selasa (25/7) hingga 8 September 2023. “Mudah-mudahan dengan kegiatan ini pengguna aplikasi Tangerang Live lebih banyak dan dapat ditingkatkan pemanfaatannya oleh masyarakat,” ungkap Deni Koswara, Asisten Daerah (Asda) 1 Pemkot Tangerang, usai pembukaan PKM Mandiri Program Pascasarjana Unis Tangerang, di Aula Kantor Kecamatan Cipondoh, Selasa (25/7/23).

Menurut Deni, masyarakat yang menggunakan Aplikasi Tangerang live sudah cukup tinggi. Bahkan berdasarkan data Dinas Kominfo, terjadi peningkatan pengguna setiap bulan dan setiap tahun. “Kami juga akan segera melakukan pembenahan untuk aplikasi saja yang perlu ditingkatkan agar pelayanan kepada masyarakat dapat lebih maksimal,” katanya.

Rektor Unis Tangerang Prof. Dr. Mustofa Kamil,Dip. RSL., M.Pd menjelaskan PKM merupakan nilai dasar dalam membangun dan bersentuhan dengan masyarakat yang dilakukan mahasiswa di pendidikan tinggi. Pengabdian kepada masyarakat merupakan Tridharma Perguruan Tinggi selain pendidikan atau pengajaran, dan penelitian. “Tiga hal tersebut merupakan siklus yang tidak dapat dipisahkan dalam membangun iklim akademik dan nonakademik,” ujar Kamil.

Dijelaskan Kamil, PKM melakukan pembangunan melalui strategi dasar empowering atau pemberdayaan. Yang pertama Perbaikan Kelembagaan atau Better Institution. Berkaitan dengan bagaimana lembaga di tengah masayarakat menjadi lebih baik dengan kehadiran mahasiswa. “Karena mahasiswa dapat menjadi agen pembaharu, atau orang yang bisa menolong dan membantu masalah di tengah masyarakat. Mereka dapat memobilisasi, mempersuasi, dan menggerakkan masyarakat dengan melakukan identifikasi dan inovasi,” katanya. Lembaga tersebut bisa formal, nonformal, maupun informal.

Selanjutnya menurut Kamil adalah Better Business dan Better Income, yang membantu peningkatan pendapatan masyarakat. Mahasiswa harus memahami keberadaan potensi dalam masyarakat untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. “Lalu Better Environment. Melakukan perbaikan lingkungan yang berkaitan geografis maupun sosial. Untuk selanjutnya menjadi Better Living dan Better Community, masyarakat yang hebat.

Kamil berharap apa yang didapat mahasiswa di kampus dapat diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat. Mahasiswa harus mampu bergotongroyong dan melakukan kerja bersama dalam rangka meningkatkan kehidupan masyarakat. “Pengabdian kepada masyarakat merupakan prasyarat yang harus ditempuh seluruh mahasiswa. Sekaligus  menjawab kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Kalau tidak bisa mengaplikasikan pemahaman dan pengetahuan yang didapat di kampus, berarti Tridharma tidak terjawab,” ungkapnya.

Kamil mengapresiasi PKM mahasiswa Pascasarjana yang dilakukan di Kota Tangerang. Menurutnya, mahasiswa harus mampu membantu menyelesaikan persoalan yang terdekat dahulu dengan kampus sebelum beranjak ke wilayah lain.

Direktur Pascasarjana Unis Tangerang Dr. Edi Mulyadi,. SE.,M.Si mengungkapkan, PKM tersebut dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa pascasarjana untuk kedua kalinya. Tahun ini mereka melaksanakan literasi digital untuk membantu masyarakat agar lebih mudah dalam mendapat pelayanan. PKM diikuti 84 mahasiswa dari 3 prodi yaitu Magister Ilmu Administrasi, Magister Ilmu Hukum, dan Magister Ilmu Manajemen. “Mereka sangat aktif dan siap untuk melaksanakan tugas PKM ini. kami juga menggelar seminar untuk menggali potensi dan strategi peningkatan pembangunan di Kota Tangerang dengan narasumber dari alumni,” kata Edi.

Edi berharap, seminar yang digelar menghasilkan masukan untuk Kecamatan Cipondoh dan Kota Tangerang. Terutama mengenai strategi pembangunan yang efektif dalam rangka menuju Indonesia Emas. “Kami mengarahkan mahasiswa untuk memberikan sentuhan-sentuhan positif kepada masyarakat dengan mengajak untuk meningkatkan penggunaan aplikasi yang disediakan Pemkot Tangerang,” ujarnya.

Camat Cipondoh Khotibul Imam mengaku bersyukur mendapat dukungan dan dorongan kegiatan yang positif dari mahasiswa Unis Tangerang. Kegiatan tersebut juga didukung oleh seluruh lurah di Cipondoh, serta pengurus RT dan RW.  “Sudah banyak pelayanan di kelurahan dan kecamatan yang terintegrasi dalam satu aplikasi Tangerang Live seperti pelayanan PBB, bantuan-bantuan untuk warga, sarana olahraga, ambulance, dan layanan kesehatan. Kehadiran mahasiswa Unis dapat menambah sosialisasi kepada masyarakat menjadi lebih masif,” katanya.

Mahasiswa Pascasarjana Unis Tangerang Harabdu Tohar merasa antusias dengan kegiatan PKM di Kecamatan Cipondoh, terutama mengikuti seminar dan sosialisasi. Pria yang akrab disapa Bedu tersebut sudah mempersiapkan berbagai hal untuk terjun ke masyarakat. “Seneng sih bisa kembali ke bangku perkuliahan lalu turun langsung ke masyarakat. Sarana dan prasarana di Kecamatan Cipondoh dan Kota Tangerang juga sebenarnya sudah cukup baik,” tutupnya. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *