0 2 min 11 bulan

Banyak tempat bersejarah dan menarik di Kota Tangerang, salah satunya Masjid Pintu Seribu di Kampung Bayur, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Nama asli masjid ini ialah Masjid Agung Nurul Yaqin. Arsitektur masjid ini menjadi salah satu daya tarik yang berbeda dari masjid lainnya, karena masjid ini dibangun tidak menggunakan rancangan gambar. Masjid ini selesai dibangun pada tahun 1982 dan didirikan oleh Syekh Ami Al-Faqir Mahdi Hasan Al-Qudratillah Al- Muqoddam. Al-Faqir membangun masjid bukan hanya di Tangerang saja, tapi banyak juga wilayah lain seperti Lampung, Sukabumi, dan Karawang.

Jika berkunjung ke masjid ini, kita akan dipandu oleh salah satu pengurusnya yaitu Rusdi. Rusdi sudah 7 tahun mengelola masjid ini. “Yang unik dari Masjid Pintu Seribu ini ialah terdapat sebuah lorong panjang gelap yang menuju sebuah ruangan, ruangan tersebut dinamakan ruangan tasbih atau tempat menyendiri dan mengingatkan kita pada dosa-dosa dan kematian”, ujar dia.

Di dalam ruangan tersebut terdapat sebuah tasbih berukuran besar dengan jumlah 99 butir dan di setiap butirnya bertuliskan Asmaul Husna. Di setiap sudut ruangan hingga pagar terdapat simbol angka 999. Simbol 999 tersebut diambil dari 99 Asmaul Husna dan 9 Wali Sanga. Biasanya tempat ini ramai dikunjungi oleh peziarah pada weekend dan juga menjelang bulan puasa. Selain itu, masjid ini juga memiliki kegiatan pengajian rutin setiap malam Jumatnya. Hingga saat ini Masjid Pintu Seribu masih terus dilakukan pembangunan agar pengunjung tetap aman dan nyaman ketika berziarah. (Eroh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *