0 3 min 1 tahun

TANGERANG, beritahariini.id – Sebagai kemudahan memberikan informasi dan bertukar pikiran, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta (Soetta) melakukan kerjasama dengan Balai Media Center (BMC) Tangerang Raya, dalam acara Focus Group Discussion (FGD) yang bertema Inovasi dan Best Practice Humas Komunitas Bandara Soekarno Hatta (Kombata), di Hotel Mercure Tangerang Center Cikokol Kota Tangerang, Rabu (22/2/2023).

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Kanim Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta Muhammad Tito Andrianto, S.H., M.H. Tito menyarankan untuk membuat group chat antara humas instansi Kombata dengan awak media. “Untuk memudahkan dalam memberikan informasi, dan saling bertukar pikiran, serta menaikan berita,” ucap Tito.

Terdapat tiga topik yang dibahas dalam acara FGD tersebut yaitu, peningkatan antara Humas Kombata terkait tugas dan fungsi kehumasan masing-masing instansi. Kemudian sarana pembelajaran antar Humas Kombata melalui sarana inovasi dan best practice. “Yang ketiga, menjadikan wadah untuk bertukar gagasan mengenai ruang dan kolaborasi yang dapat meningkatkan inovasi,” ujar Tito.

Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Bandara Soetta Habiburrahman berharap, kegiatan tersebut dapat memberikan saran, dan bagaimana melakukan pengelolaan kehumasan di Kombata. “Saran tersebut selain mengenai imigrasi, bisa juga dapat berupa tentang Bea Cukai dan Angkasa pura,” ungkap Habib.

Menurut Habib, maksud dari acara FGD untuk menjalankan fungsi profesional, transparan, dan diperlukan strategi komunikasi efektif serta efisien yang berkelanjutan mempublikasikan komitmen tersebut. “Saya berharap, kegiatan ini dapat berlanjut di kemudian hari baik terkait imigrasi, bea cukai, atau lainnya, agar komunikasi tetap terjalin,” lanjutnya.

Ruang lingkup kegiatan tersebut merupakan diskusi kiat-kiat dan inovasi kehumasan pemerintah. Pemetaan tren media massa 2023, perencanaan strategi komunikasi massa dan digital tahunan. “Selain itu berusaha bersinergi dari komunitas bandara dan awak media untuk mewujudkan reputasi positif tersebut. Serta memiliki program terkait digitalisasi pelayanan dan memaksimalkan informasi terkait pelayanan keimigrasian,” jelas Habib.

Senior Manager of Branch Communication and Legal PT Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi menjelaskan, 5 transformasi Bandara Soekarno-Hatta (CGKA) untuk mudah mengingat dalam pelayanan. Airport Expression (AX), Business Excellence (BX), Customer Experience (CX), Digital Experience (DX), dan Enroute Expansion (EX). “Yang terlihat ada AX dan CX, AX terkait dengan infrastruktur dan fasilitas yang ada. CX terkait strategi penerapan secara bertahap layanan dari petugas kami, tentunya dari aset terdepan kami supaya melayani penumpang lebih baik lagi dan juga meningkatkan citra baik bagi perusahaan,” Tutup Holik. (Hanah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *