Kategori
Berita Seni dan Budaya

Festival Drama Ajang Kreatif Lestarikan Seni Budaya Bangsa

Kegiatan lomba Festival Drama Ajang Kreatif (Fesdrak), di Gedung Seni Budaya, Jumat (6/1/23)

TANGERANG, beritahariini.id – Sebanyak 16 kelompok teater mengikuti lomba Festival Drama Ajang Kreatif (Fesdrak) yang digelar oleh Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) di Gedung Seni Budaya Kota Tangerang, Jumat (6/1) hingga Minggu (8/1). Mereka tampil dengan beragam judul dan pendekatan. “Ajang ini melibatkan 274 mahasiswa yang aktif sebagai pemain dan kru. Jumlah penonton sekitar 100 lebih orang untuk setiap kelompok,” ungkap Madin Sumadiningrat, Ketua Dewan Kesenian Tangerang (DKT) sebagai penyelenggara.


Madin menjelaskan, lomba tersebut sebagai ajang kompetitif untuk memiliki tingkat kreatif yang tinggi. “Fesdrak ini untuk mengasah kemampuan 4C yaitu Creativity, Critical thinking, Collaboration, dan Communication. Selanjutnya bagaimana mahasiswa paham untuk melestarikan seni budaya,” katanya.


Madin menambahkan, kegiatan Fesdrak diikuti mahasiswa seprovinsi Banten yang dilaksanakan oleh Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMT dengan DKT Tangerang yang didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang.


Juri Fesdrak Magor menjelaskan, secara garis besar teater adalah sebuah kehidupan. Bukan sekedar berakting di panggung, tapi bagaimana pada saat bersosialisasi di masyarakat. “Kegiatan ini tentang bagaimana seorang guru memberikan pelajaran agar tidak monoton, dan bagaimana ia bisa berekspresi,” ucap Magor. (Hanah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *