0 2 min 2 bulan
M.Ridho Kurniawan,Ketua Pusat Pembinaan dan Pelatihan Sertifikasi Teknik Sipil Unis Tangerang, saat menemui awak media, Senin (10/10/22)

TANGERANG, beritahariini,id – Pada peningkatan kualitas lulusan Sarjana Teknik Sipil Universitas Islam Syekh-Yusuf (Unis) Tangerang melakukan kerjasama dengan Gabungan Pelaksana Nasional Seluruh Indonesia (Gapensi) Kabupaten Tangerang tentang sertifikasi kompetensi tenaga kerja konstruksi, di Lantai 2 Gedung Muhamad Astary, Kampus Unis, Senin (10/10/22). Menurut Ketua Pusat Pembinaan dan Pelatihan Sertifikasi Teknik Sipil Unis Tangerang M.Ridho Kurniawan, kerjasama tersebut sebagai persiapan lulusan mahasiswa Teknik Sipil untuk diakui keahlian dalam sertifikasi kompetensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). “Jadi diakui secara nasional, ketika nanti lulusan akan mulai di dunia kerjanya bahwa mereka benar-benar sudah diakui. Kategorinya dimulai dari jenjang 1 hingga 9,” ucap Ridho, kepada tim beritahariini.id.

Dengan dibukanya kerjasama tersebut kata Ridho, untuk menginformasikan kepada stakeholder khususnya pelaku usaha konstruksi Tangerang Raya, bahwa Unis Tangerang dapat menjadi tempat uji kompetensi dan sertifikasi tenaga kerja. “Karena semenjak undang-undang yang terbaru tentang jasa konstruksi dan sertifikasi tenaga konstruksi khususnya ditangerang ini belum ada. Unis akan menjadi pertama di Tangerang terhadap sertifikasi tenaga kerja konstruksi dan kita akan membuka layanan labolatorium,” jelas Ridho.

Lanjut Ridho, produk penelitian dari kampus Unis akan digunakan oleh pelaku usaha sesuai dengan bidang. “Mungkin pada kota Tangerang ini setiap unsur itu kalau bisa yang benar-benar lulusan dan tenaga kerjanya dari daerah Tangerang. Jadi tidak menyewa tenaga kerja dari luar kota,” paparnya.

Kompetensi tersebut terbagi menjadi beberapa sub bidang, yaitu ahli muda, madya utama, teknis analis, dan operator. “Tapi khususnya lulusan S1 itu dimulai dari ahli muda, sampai nanti dia melanjutkan pendidikan ke S3 menjadi ahli utama,” tutup Ridho. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *