0 2 min 2 bulan
Pertemuan Anies Baswedan dengan AHY. (Foto Istimewa)

TANGERANG, beritahariini.id – Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul menilai kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke DPP Partai Demokrat membawa misi khusus. Menurutnya, hal tersebut dilakukan untuk menyukseskan poros koalisi yang dibuat Ketum Partai NasDem Surya Paloh bersama PKS. Selain itu, Adib juga mengatakan bahwa Partai Demokrat dan PKS sudah biasa berteman sejak lama dan sama-sama menjadi oposisi di rezim Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebab, menurut Adib, Partai NasDem sudah mendeklarasikan Anies yang merepresentasikan dan mewakili keinginan PKS. “Anies sudah mewakili afiliasi kepentingan politik PKS. Hal tersebut jadi kecerdikannya Surya Paloh,” tuturnya.

Adib menilai cara Surya Paloh mencapreskan Anies dengan cepat sangat menguntungkan bagi Partai NasDem lantaran bisa mengatur koalisi ke depannya. “Kedatangan Anies ke DPP Partai Demokrat itu menjadi gerakan Anies. Tentu ada kemungkinan atas restu Surya Paloh,” kata dia.

Dengan demikian, kata Adib, Surya Paloh dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah memiliki kesepakatan. “Meskipun politik itu dinamis. Akan tetapi, kode-kode yang diberikan Surya Paloh ini sudah berjalan,” ujar Adib.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *