0 2 min 2 bulan
Adib Miftahul, Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN)

TANGERANG, beritahariini.id – Pengusungan Anies Baswedan sebagai kandidat Calon Presiden (Capres) oleh Partai Nasional Demokrat (Nasdem) di kontestasi lima tahunan mendatang akan membawa berkah bagi partai Nasdem di daerah Banten. “Pencalonan Anies Baswedan sebagai Capres di 2024 akan berdampak positif pada suara elektoral di daerah. Nasdem akan diuntungkan dan Golkar diprediksi tergerus suaranya,” prediksi dari Pengamat Politik, Adib Miftahul, Kamis (05/10/2022).

“Inilah yang akan membuat Banten survive. Kira-kira partai yang kegerus Golkar karena militansi PDIP, Gerindra, berbeda dari militensinya Golkar,” sambungnya.

Lanjut Adib, elektabilitas Anies saat ini sangat tinggi dan sudah tentu membangkitkan semangat militan partai yang di nahkodai Surya Paloh di dalam meraup suara di pemilihan kepala daerah Banten. Apalagi daerah tersebut dalam peta lokal akan kencang dalam politik identitas dan akan menjadi magnet. “Jadi bahwa Nasdem akan meraup suara elektoral berkat Anies Baswedan di nasional, di lokal bakal unjuk gigi. Karena politik identitas di Banten kuat,” jelasnya.

Terlebih kata Adib, Pilkada 2024 di Banten akan terjadi sengit dan menarik. Pasalnya, akan ada nama kandidat calon kuat yang memiliki banyak suara. Seperti Rano Karno (RK) dari PDI-P, Wahidin Halim (WH), Iti Octavia dar Demokrat dan Desmond J Mahesa dari Gerindra.

Adapun Airin Rachmi dari partai Golkar akan turut meramaikan. Sudah tentu tim Airin harus mewaspadai, karena suara penentu kemenangan (elektoral) untuk Airin stagnan. “Anies efek akan membuat pertarungan seru di Pilkada Banten karena secara tidak langsung WH, Airin, RK, akan mendapat suara hampir imbang. Yang patut berhati-hati Airin karena suara Golkar, kepopuleran Golkar ada yang stagnan,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *