0 3 min 7 bulan

TANGERANG, beritahariini.id – Hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi Rabu (11/5) dini hari, menyebabkan banjir di sejumlah titik di Kota Tangerang. Ketinggian air bahkan mencapai pinggang orang dewasa. Pantauan beritahariini.id, banjir terjadi di Total Persada Periuk, Pondok Arum, dan Taman Cibodas. Angin kencang yang membuat pohon tumbang dan ruas jalan yang tergenang juga mengakibatkan arus lalu lintas di beberapa titik tersendat. Bahkan,air juga menggenani GOR Kota Tangerang di Jalan Dimyati.

Banjir dengan ketinggian serupa juga menggenangi sejumlah ruas Jalan yang mengarah menuju Perumnas 4 tepatnya di Jalan Darma Wangsa.  “Iya, jadi dari jam 11 malem mulai hujan lebatnya,” ujar Rafli (20), warga setempat.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat terjadi dua titik pohon tumbang dan delapan titik tergenang banjir dengan ketinggian maksimal satu meter. 

Kepala BPBD, Deni Koeswara mengungkapkan delapan titik banjir terjadi di Jalan Bumi Mas Raya, Cikokol satu meter, Taman Rpyal 3 Poris Plawad 40 cm, Mutiara Pluit Periuk 40 cm, Jalan Sinar Hati Karawaci 40 cm, Jalan Cimone Alfa Raya 40 cm, Jembatan Alamanda Periuk satu meter, Flyover Taman Cibodas satu meter dan Cimone Mas Permai 60cm.  “Data ini merupakan update petugas lapangan pada pukul 01.30 WIB dini hari. Sedangkan kondisi terkini, semua pompa sudah aktif, sedang proses penyedotan dan menunggu antiran air mengalir saja. BPBD mengerahkan lebih dari 100 petugas, ditambah ratusan petugas lainnya dari DLH, PUPR, Disbudparman, Satpol PP hingga Dishub,” ungkap Deni.

Kata Deni, kejadian pohon tumbang juga terjadi disejumlah wilayah, salah satunya di Jalan Anggrek, Perumahan Taman Cibodas, RT 03/RW 06, Sangiang Jaya, Periuk dan Jalan Bayur Titik Kenal dekat PLN, Pinggir Kali.  “Saat ini petugas sedang melakukan penambahan di Tanggul Alamanda, Gembor, Periuk sepanjang lima meter. Penyedotan titik banjir yang membutuhkan waktu lebih yaitu di wilayah Komplek Bumi Mas Raya. Sedangkan untuk penanganan genangan-genangan di Kota Tangerang sudah ditangani oleh jajaran PUPR. Semua dinas terkait masih bergerak di lapangan,” papar Deni.

Sebagai informasi, warga yang membutuhkan pertolongan atau hendak melaporkan kondisi terkini di wilayahnya bisa membuat laporan ke call center 112 atau hotline BPBD Kota Tangerang, melalui 021-558-2144. (Iqbal/Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *