0 2 min 12 bulan

TANGERANG, beritahariini.id – Memasuki musim penghujan Dinas Lingkungan Hidup (LH) lakukan mekanisme penanganan sampah dan antisipasi banjir. Kegiatan yang dilakukan berupa pemungutan sampah secara rutin, mempersiapkan sarana prasarana, serta bekerja sama dengan pihak terkait. “SOP apa yang kita lakukan sudah kita tentukan, dan berkordinasi dengan dinas terkait yaitu PUPR. Terutama ketika banjir dan paska banjir karena saat itu volumenya sangat meningkat,” ungkap Yudi Pradana, Kepala Bidang Kebersihan Dinas LH saat ditemui,  Selasa (14/12/2021).

Yudi menjelaskan, upaya pembersihan drainase sudah dilakukan sebelum memasuki musim penghujan. Tetapi, masih ada laporan dari masyarakat bahwa banyaknya sampah yang menghambat jalannya drainase. “Laporan dari masyarakat tentang sampah pasti masih ada sampai sekarang, fungsinya masyarakat memang begitu,” ujar Yudi Pradana.

Selain melakukan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah diterapkan, Yudi mengajak masyarakat untuk bersama –sama membantu pemerintah dalam penanganan sampah. Dengan tidak membuang sampah sembarangan, memilah sampah, dan melakukan kerja bakti pembersihan lingkungan sekitar. “Jadi dalam hal ini peran masyarakat sangat diperlukan juga untuk bekerja sama dalam penanganan sampah,” tambah. (Ilmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *