0 2 min 2 tahun

TANGERANG, beritahariini.id – Alumni Universitas Islam Syekh-Yusuf (Unis) Tangerang membuat sebuah deklarasi untuk wadahi Jurnalis Kampus. Gerakan bernama Aliansi Jurnalis UNIS Tangerang dideklarasikan di Kampus tersebut, Jumat (10/12/2021).

Irfan Maulana jurnalis Koran Harian Satelit News terpilih sebagai ketua Aliansi Jurnalis UNIS Tangerang mengatakan, gerakan tersebut dibentuk sebagai wadah mahasiswa dna alumni yang berprofesi sebagai Jurnlais. “Karena ada beberapa mahasiswa yang berprofesi sebagai jurnlis. Namun mereka tidak memiliki kelompok atau organisasi. Disamping itu sebagai wadah silahturami,” kata Irfan.

Irfan menjelaskan, Aliansi ini bertujuan sebagai wadah pembelajaran bagi mahasiswa UNIS Tangerang yang berkarir pada dunia jurnalistik. Kendati, dalam pembelajaran di dalam kampus mereka sudah mendapat ilmu baik dalam akademik maupun Organisasi Mahasiswa. “Tujuannya adalah sebagai wadah pembelajaran terutama bagi mahasiswa yang minta di dunia jurnalistik. Kehadiran Aliansi ini pun diharapkan menjadi pelecut mahasiswa yang ingin berkarir di bidang jurnalistik,” jelas Irfan.

Menurut Irfan, kehadiran Aliansi Jurnalis UNIS sebagai contoh sosial. “Fungsi itu (kontrol sosial) tak luput dari tugas kita sebagai jurnalis,” tambahnya.

Hal senada diungkapkan Isti Maulidya jurnalis Okezone.com terpilih sebagai Sekretaris Aliansi Jurnalis UNIS Tangerang mengatakan, gerakan ini bakal mendampingi calon-calon jurnlais dari almamater yang sama. “Karena mental mahasiswa ungin menjadi jurnalis ini terkadang terancam. Mereka seperti kehilangan arah apakah ingin menjadi jurnalis atau tidak,” ucap Isti.

“Karena mereka buta dnegan sistem kerja jurnalis yang tak kenal waktu. Pun sejumlah mahasiswa yang sudah terjun (di dunia jurnalistik) terkadang tak kuat. Maka di sini lah fungsi kami untuk mendampingi,” jelasnya. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *