0 3 min 12 bulan

TANGERANG, beritahariini.id – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) melakukan uji kelayakan Bus Antar Kota dan Bus Antar Provinsi di Terminal Poris, Jalan Benteng Betawi, Poris Plawad, Kecamatan Tangerang Kota Tangerang, Rabu (8/12/21).

Penyedik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Mario Kenpes mengatakan, untuk meyakinkan dan memastikan supaya kendaraan bisa ber-transportasi dengan baik.”Untuk giat ramcek ini seperti sudah dijelaskan Pak Kepala Terminal, untuk kondisi kendaraan sudah pasti. Dan juga dari segi administrasi surat-surat sudah kami periksa untuk meyakinkan memastikan kendaraan dengan baik,” ungkap Mario.

Mario meyebutkan, sebanyak delapan Bus Antar Kota dan Antar Provinsi yang sudah lulus uji kelayakan. “Hari ini ya kita lihat kendaraan Bus Akap yang masuk saat ini ada delapan Antar Kota, Antar Provinsi ya kita periksa semuanya sudah sesuai layak jalan baik dari segi pengereman, lampu sein kiri kanan, lampu rem dan klakson serta wiper kendaraan berfungsi dengan baik serta surat-surat adminstrasi kendaraan yang ada. Buku uji layak kendaraan, kir, serta uji trayek yang sudah sesuai,” jelas Mario.

Pihaknya sangat mendukung uji kelayakan tranportasi darat, karena untuk menghindari kecelakaan jelang natal dan tahun baru. “Karena memang faktor kecelakaan itu dari segi human dan faktor teknis berpengaruh untuk antisipasi itu kita lakukan giat ramcek untuk bisa melihat kondisi pengemudi agar bisa mengantarkan penumpang dengan selamat sampai tujuan,” tutur Mario.

Mario menambahkan, bila ditemukan kendaraan tidak lulus uji, maka akan dilakukan penahanan kendaraan. “Untuk itu sanksinya kita tahan, kita lakukan penahanan kendaraan, untuk opersionalnya kita hentikan dan meminta mereka memperbaiki serta lakukan uji kelayakan kendaraan supaya bisa ngangkut penumpang dengan selamat,” imbuh Mario.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Terminal Poris Alwien Athena Alwi menjelaskan, memasuki natal dan tahun baru perlu diadakan ramcek, sebagai peringatan sejak dini. “Untuk saat ini memang kita melaksanakan dari BPTJ khususnya direktorat bagian pengawasan sedang melaksanakan giat ramcek, kegiatan ini adalah giat gabung,” ujar Alwien. (Athaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *