0 2 min 1 tahun

TANGERANG, beritahariini.id – Puskesmas Cipondoh menggelar program Safari Keluarga Berencana (KB) yang dilakukan serentak untuk masyarakat Cipondoh,  Jumat (22/10/21). Sosialisasi KB berupa KB IUD dan KB implan.

Kepala Puskesmas Cipondoh Rizki Adiarti mengatakan, program ini untuk menyadarkan masyarakat pentingnya menjaga jarak kehamilam. Agar menjadi keluarga sejahtera dan bisa mendidik anaknya dengan baik. “Safari KB bertujuan memfasilitasi masyarakat untuk bisa melakukan pelayanan KB. Untuk hari ini ada lima orang yang melaksanakan KB implan dan menyusul tiga orang untuk KB spiral,” kata Ika.

Menurut Ika, Program Safari KB berhasil menurunkan angka kelahiran di wilayah Cipondoh. “Kami menerima laporan dalam 1 bulan hanya menerima 11 ibu bersalin. Sebelum pandemi biasanya kita menerima 20 sampai 30 ibu bersalin,” ujar Ika.

Untuk warga yang ingin program kontrasepsi, Puskesmas Cipondoh mengadakan Posyandu yang diadakan setiap hari Jumat. Posyandu juga bisa untuk menimbang balita dan imunisasi para Balita. Puskesmas Cipondoh juga mempunyai program Posyandu Remaja yang sudah berjalan ada di Kelurahan Cipondoh, Cipondoh Makmur dan Kenanga. “Untuk Posyandu Remaja ini nantinya kita bina cara memeriksa kesehatan, menimbang, dan mengukur tensi suhu tubuh. Supaya mereka bisa memberikan pelayanan kepada para remaja,” ungkap Ika .

Ika program lain di Puskesmas Cipondoh adalah Sosialisasi Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Komunitas Hipertensi Sehat dan Berseri (Koperhati)  “Kami mobile ke setiap wilayah untuk memberikan pelayanan bagi penderita hipertensi. Jadi tidak perlu penderita hipertensi ke Puskesmas. Kami juga memberikan obat diabetes pemeriksaan gula ke rumah warga,” pungkasnya. (Athaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *