0 2 min 1 tahun

TANGERANG, beritahariini.id – Usaha budi daya ikan lele yang dikelola oleh Kelompok Usaha Ternak Ikan Lele (Kutil) Cimone melakukan panen raya, Senin (11/10/21). Kelompok di Jalan Cimone Permai I, RT 008 RW 007 Kecamatan Karawaci ini membudidayakan ikan lele sejak awal Desember 2020.

Lurah Cimone Ade Fitri mengatakan, program ini dijalankan delapan RW yang ada di Kelurahan Cimone. Awalnya Pemerintah Kota Tangerang mempunyai program  mendukung ketahanan pangan. Program ini dibantu oleh Dinas Ketahanan Pangan dengan memberdayakan masyarakat untuk melakukan pelatihan saat pandemi Covid-19. “Seiring berjalannya waktu budi daya ikan lele yang bisa maju dan berkembang hanya di RW 07,” tutur Ade, saat ditemui usai panen lele.

Bibit lele didapat dari kelurahan dan kecamatan setempat. Budi daya ikan lele dilakukan secara swadaya dari awal pembenihan, pemijahan, dan pemeliharaan. “Untuk pemijahan kita ga beli sendiri, sudah disediakan langsung oleh Pemkot Tangerang,” kata Ade.

Ketua Kutil Cimone Antonius Irliant juga mengatakan bahwa dari Kelurahan Cimone membagikan bibit lele. Masing-masing RW diberi tiga pasang indukan. “Kesulitannya dari segi kualitas air. Kami jaga terus kualitas air setiap hari secara bergilir. Dan anggota terus memantau apakah ada yang mati. Peralatan yang kami punya juga lengkap PH meter, alat pengukur suhu kami punya,” ujar Antonius. Pada panen raya yang ke-5 ini, Kutil Cimone berhasil mendapatkan 70 Kg ikan lele segar. Hasilnya dibagikan ke masyarakat setempat. Sisanya dijual ke UMKM setempat dan hasilnya dibelanjakan kembali untuk pakan ikan lele. (Athaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *