0 2 min 1 tahun

TANGERANG, beritahariini.id – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang menghentikan sementara kegiatan donor plasma konvalesen karena kasus Covid-19 melandai. Saat ini, PMI Kota Tangerang  memiliki stok 940 kantong yang  dinilai cukup untuk 2 bulan ke depan. “Kami menghentikan sementara. Jika terjadi peningkatan kasus penularan akan dilanjutkan kembali,” ungkap Femmy Luwita, Kepala Bidang Pelayanan Donor Darah , saat ditemui di kantor PMI Kota Tangerang,Jalan Mayjen Sutoyo, Sukarasa, Kecamatan Tangerang, Senin ( 04/10/2021). 

Selain karena keterbatasan ruang penyimpanan, jika dibekukan plasma konvalesen hanya akan bertahan sekitar satu tahun. Femmy menyebut, sejak awal tahun 2021 sudah lebih dari 4.000 warga Kota Tangerang yang mendonorkan plasma konsovalen. Selain mendatangi langsung kantor PMI, pendonoran juga dilakukan melalui gerai mobile di berbagai titik keramaian.

Femmy menambahkan, salah satu syarat untuk donor plasma konsovalen adalah pendonor harus dinyatakan setelah 14 hari dinyatakan negatif Covid-19. Berat badan minimal pendonor adalah 55 Kg,  serta bebas dari obat Covid-19. “Saat ini stok kantong darah di kami juga cukup banyak, sekitar 187 kantong,” katanya. (Athaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *