0 2 min 1 tahun

TANGERANG, beritahariini.id – Pelaksanaan vaksinasi bagi ibu hamil mulai dilaksanakan di Kota Tangerang, Kamis (19/8/2021). Pelaksanaannya baru dilakukan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Karawaci Baru, Puskesmas Larangan, Puskesmas Kunciran, dan RSUD Kota Tangerang. Dalam waktu dekat, vaksinasi bagi ibu hamil juga akan digelar di 35 Puskesmas lainnya di Kota Tangerang.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tangerang dr Dini Anggraeni menjelaskan, vaksin yang diberikan jenis Sinovac. “Tidak ada perbedaan untuk vaksin yang diberikan ibu hamil dengan yang umum hanya perbedaan di tahap screening terkait masa kehamilan,” ujar Dini. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Puskesmas.

Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Cabang Banten dr Bayu Winarno,Sp.OG mengatakan, vaksinasi yang diberikan aman baik itu Sinovac maupun Moderna. “Apapun jenis vaksinnya kita harapkan aman dan kita tetap pantau hingga pasca vaksinasi. Tidak ada efek terhadap bayi ketika dilakukan di atas 12 pekan sudah aman dilakukan vaksin,” jelas Bayu.

Peserta vaksin ibu hamil Puskesmas Karawaci Baru sekitar 22 orang yang pendaftaran secara online.

Damayanti (25), seorang peserta vaksinasi ibu hamil mengaku sempat ragu untuk divaksin “Takut ada efek samping sama bayi, tetapi saya sempat searching terus konsultasi dengan dokter ternyata aman,” ujar Damayanti. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *