0 3 min 1 tahun

TANGERANG, Beritahariini.id – Diah Ayu Wuryaningsih perempuan yang dibesarkan dibesarkan di Ternate, Maluku Utara kini menjadi seorang perawat di Puskesmas Cipondoh, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

Perempuan yang kerap disapa Ayu ini menjadi perwakilan Kota Tangerang dalam lomba Tenaga Kesehatan (Nakes) Teladan Profesi Perawat di tingkat Provinsi Banten.

Ayu mengungkapkan, ia telah mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba ini sejak tahun-tahun sebelumnya.

“Persiapan sudah saya lakukan dari tahun-tahun kemarin. Saya sudah membuat makalah, bukti-bukti kegiatan inovasi. Kebetulan saya temanya dalam lomba kali ini Inovasi Reserce yang artinya remaja sehat, energik, dan cerdas,” ungkap Ayu saat ditemui di Puskesmas Cipondoh, Senin (26/7/2021).

Ayu melanjutkan, Reserce memiliki konsep yang menyasar kepada remaja putri dengan fokus untuk mengajarkan tentang pengetahuan kesehatan.

“Kita berfokus kepada remaja putri usia 10 hingga 19 tahun yang ada di beberapa sekolah di wilayah kerja Puskesmas Cipondoh tentang pengetahuan kesehatan, misalnya kesehatan sistem reproduksi, kemudian ada bahaya narkotika, ya semua hal-hal penyakit yang berkaitan dengan remaja,” paparnya.

Tak hanya itu, Ayu juga melakukan screening HB di empat sekolah di wilayah Kelurahan Cipondoh, yaitu SMA Jabbanut pondok pesantren, SMP dan SMA Yasir, serta SMP Nurul Hikmah.

“Disitu bukan hanya sreening HB, tapi ada promosi kesehatan, pembinaan, pemeriksaan kesehatan dan pemberian makanan tambahan serta pemberian TTD (Tablet Tambah Darah) dan minum TTD bersama. Pembinaan kita lakukan kepada DUNIA (Duta Anemia),” terang Ayu.

Dalam mempersiapkan lomba tersebut, Ayu mengaku kerap kali menemukan beberapa kendala.

“Kendala itu biasanya kita udah membuat jadwal, tapi kita ada kegiatan lain jadi kita harus cancel lagi, karena kan terkait dengan sumber daya manusianya juga, ya. Dimasa pandemi ini kita juga lebih terhalang karena gak bisa tatap muka, jadi kita bikin online melalui Whatsapp,” ujarnya.

Ayu pun berharap, inovasi yang dibuatnya ini dapat diterapkan juga oleh tenaga kesehatan dari puskesmas lainnya.

“Inginnya sih kegiatan inovasi yang saya buat ini bisa diadopsi oleh tenaga kesehatan dari puskesmas-puskesmas yang lain. Kedepannya juga ingin agar remaja putri di Kota Tangerang bisa menjadi remaja berprestasi, karena kan kalau Anemia dampaknya sangat luas, kadang kita menganggap sepele, tapi Anemia kalau ditelusuri lagi dampaknya sangat luas,” tutup Ayu. (Dita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *