0 2 min 1 tahun

TANGERANG, Beritahariini.id – Pemerintah Kabupaten Tangerang terus berupaya menekan angka penyebaran Covid-19 di wilayahnya. Saat ini pihaknya tengah menyiapkan pondok singgah di setiap Kecamatan se-Kabupaten Tangerang, Senin (19/7/21).

Langkah tersebut itu dilakukan guna menampung pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah, sekaligus upaya untuk menekan angka kematian pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri. Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 dr Hendra Tarmizi mengatakan, pihaknya berencana menyiapkan 29 pondok singgah di setiap Kecamatan.

“Rencana 29 pondok singgah di 29 Kecamatan di Kabupaten Tangerang. Kita pengennya orang yang isolasi di rumah bisa kemudian isolasi di pondok singgah” ucap Hendra.

Hendra menambahkan, hingga saat ini sudah ada beberapa rumah singgah atau pondok singgah yang beroperasi di Kabupaten Tangerang. Namun, yang sudah diresmikan dan terkoordinir baru di Pondok Singgah Kecamatan Legok.

“Kita harapkan kecamatan lainnya mengikuti Kecamatan Legok. Yang terkoordinir memang pondok singgah di Kecamatan Legok. Jadi ini rencana kita akan dirikan di tiap tingkat kecamatan” imbuhnya.

Nantinya, tiap pondok singgah memiliki kapasitas yang beragam. Kapasitas dari pondok singgah yang tengah disiapkan bisa mencapai hingga 700 tempat tidur. Ia berharap fasilitas itu bisa menampung pasien yang menjalani isoman di rumah untuk meminimalisasi mengalami kondisi yang memburuk.

“Kita targetnya 700 an yang bisa ditampung, jadi kan orang yang isolasi di rumah bisa tertampung selain di Hotel Yasmin (sentra lokasi isolasi di Kabupaten Tangerang)” terangnya.

Hendra menjelaskan, penyebab meninggalnya pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri terjadi lantaran mengalami kondisi yang memburuk dan tidak mendapatkan perawatan ke fasilitas kesehatan. (Dito)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *