0 2 min 1 tahun

TANGERANG, Beritahariini.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tangerang siap memberikan dana subsidi sebesar Rp 1 juta bagi peserta didik yang tidak mendapatkan SMP negeri untuk melanjutkan pendidikan di SMP swasta.

“Jika tidak masuk sekolah negeri, calon peserta didik bisa masuk ke sekolah swasta dengan yang namanya uang pangkal,” ungkap Kepala Disdik Kota Tangerang, Jamaluddin, Kamis (1/7/2021).

Kata Jamaluddin, uang pangkal itu akan diberikan kepada siswa dari kalangan keluarga kurang mampu, dengan syarat siswa tersebut harus masuk kedalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dipadankan dengan data siswa pada PPDB dan data bantuan sosial.

“Calon peserta didik harus masuk kedalam data base di Dinas Sosial. Saat ini kita mengacu dan mempertimbangkan dari data itu,” paparnya.

Jamaluddin menambahkan, Disdik Kota Tangerang mengutamakan pemberian uang pangkal bagi siswa yang masuk ke sekolah swasta yang dikelola pemerintah daerah. Sedangkan untuk sekolah swasta yang dikelola Kementerian Agama masih menunggu kepastian lebih lanjut.

“Kita utamakan di SMP swasta yang dikelola pemerintah daerah dulu. Kalau misalnya ada sisa anggaran baru kita dorong ke Kementerian Agama. Semoga semuanya akan kebagian lah,” tuturnya.

Diketahui, tahun ini lulusan SD tercatat sekitar 33.000 siswa. Dari jumlah tersebut, hanya 30 persen atau 10.600 siswa yang diterima di SMP negeri melalui seleksi PPDB, lalu sisanya akan masuk ke sekolah swasta. (Dita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *