0 2 min 1 tahun

TANGERANG, Beritahariini.id – Antisipasi lonjakan pasien Covid-19, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendirikan tenda darurat khusus penanganan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sitanala, yang berlokasi di Neglasari, Kota Tangerang, Selasa (29/6/2021).

Saat ini, RSUP Dr Sitanala telah membangun dua tenda darurat di halaman rumah sakit dengan total 22 kasur khusus pasien Covid-19. Tenda yang difungsikan sebagai ruang IGD tersebut berisi 14 kasur, serta tenda satunya yang digunakan sebagai ruang triase atau ruang pemilahan pasien berisi sebanyak delapan kasur.

Ketua Satgas Covid-19 RSUP Dr Sitanala, Sarwoko mengatakan, saat ini pihaknga masih mengalami kendala terkait pemenuhan gabung oksigen yang akan ada do dua tenda darurat tersebut.

“Yang masih jadi kendala tinggal oksigen, karena masalah oksigen ini masalah semua RS, masalah nasional,” ujar Sarwoko.

Sarwoko menambahkan, pihaknya belum menerima pesanan tabung oksigen meski mereka telah memesan kepada pemasok.

“Hari ini masih menunggu kiriman tabung oksigen untuk pemenuhan kebutuhan di tenda tersebut,” tambahnya.

RSUP Dr Sitanala, mengusahakan agar setiap kasur di tenda darurat itu memiliki tabung oksigen sebagai langkah antisipasi.

“Jadi kami persiapkan semuanya, salah satunya oksigen untuk masing-masing tempat tidur. Tapi ya liat nanti tergantung kami dapat stok oksigennya berapa,” tuturnya.

Lanjutnya, Sarwoko mengatakan bahwa penunjang lain untuk fasilitas pasien Covid-19 di dua tenda itu ada yang telah dilengkapi sesuai standar IGD. Penunjangnya seperti toilet khusus pasien, obat-obatan, troli emergency, alat emergency lain, dan lainnya.

“Semuanya lengkap kami persiapkan,” tutupnya. (Dita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *