0 2 min 1 tahun

TANGERANG, Beritahariini.id – Kasus Covid-19 di Kabupaten Tangerang terus mengalami lonjakan. Lonjakan kasus tersebut membuat Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) di RSUD Kabupaten Tangerang overload, Selasa (22/6/21).

Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi (HPI) RSU Kabupaten Tangerang, Hilwani, mengatakan, akibat banyaknya pasien rujukan Covid-19 IGD RSUD Kabupaten jadi overload.

“Memang IGD-nya lagi over ya. Jadi banyak (pasien) rujukan-rujukan” ungkap Hilwani.

“Ini kelebihan kapasitas, bukan IGD RS kita aja. IGD RS lain juga over” imbuhnya.

Hilwani mengatakan, IGD Rumah Sakit tersebut overload lantaran banyak Puskesmas yang mengirimkan pasien mereka ke RSUD Kabupaten Tangerang. Selain itu, kasur khusus pasien Covid-19 pun terisi penuh.

“Jadi, banyak rujukan-rujukan puskesmas ke RS kita” ujar Hilwani.Sebelumnya, Rumah Sakit tersebut menyediakan 92 tempat tidur khusus pasien terpapar Covid-19. Setelah itu, pihaknya menambah sekitar 15 tempat tidur. Namun, saat ini, total 107 kasur yang ada telah terisi.

“Sebelumnya kan 92 kasur, baru-baru ini melonjak jadi ditambah totalnya 107. Udah over kapasitas ke depannya kami akan lebih selektif lagi dalam menerima pasien dengan gejala berat dan sedang yang bisa dirawat. Pasalnya, kapasitas RSU sudah overload” tutupnya.

Seleksi pasien akan dilakukan di area registrasi, petugas medis akan melakukan pemeriksaan terhadap setiap pasien yang datang. Apabila pasien yang datang memiliki gejala berat maka akan langsung dirawat di rumah sakit. Sementara pasien dengan gejala ringan atau tanpa gejala akan dialihkan ke hotel isolasi.

“Jika gejala ringan, maka langsung diarahkan ke fasilitas isolasi atau isolasi mandiri di rumah masing-masing. Dan aturan ini pun kita terapkan sesuai dengan ketentuan di Kementerian Kesehatan,” ujarnya. (Dito)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *