0 2 min 2 tahun

TANGERANG, Beritahariini.id – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melaksanakan tes GeNose serentak di 13 Kecamatan di Kota Tangerang yang mulai dilaksanakan sejak Minggu (23/5) hingga Senin (31/5).

Pemeriksaan tes GeNose ini tidak dipungut biaya dan hanya diminta untuk membawa KTP dan kartu identitas lainnya dengan target masyarakat yang tidam mematuhi protokol kesehatan, masyarakat yang melakukan mudik lebaran, serta masyarakat yang berkerumun.

Terpantau pada hari pertama, pemeriksaan GeNose berlangsung di Pasar Anyar Kota Tangerang, mulai pukul 07.30 hingga 12.00 WIB.

Diungkap oleh Kepala Dinas Kesehatan, dr.Liza Puspadewi, menjelang Idul Fitri dan pasca Idul Fitri, massa yang berkerumun dapat berpotensi tertular Covid-19.

“Karena kondisi sekarang ini berpotensi untuk meningkatkan kasus. Oleh karena itu, kami mewaspadainya dengan mencari kasus sedini mungkin. Jadi kasus yang terdeteksi nanti dapat kita isolasi di Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT),” papar dr. Liza saat ditemui di GOR Pasar Anyar, Kota Tangerang, Senin (24/5/2021).

Lanjutnya, menurut dr. Liza penggunaan alat GeNose ini dinilai lebih efisien dibandingkan dengan tes rapid.

“Sekarang kita pakai GeNose karena lebih efisien dibandingkan dari segi waktu juga. Kalau rapid kan harus nunggu bisa sampai 30 menit, kalau GeNose hasilnya langsung keluar 3-5 menit,” tutupnya. (Dita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *